LITERASI TIK

Literasi TIK tersusun atas 2 kata yaitu “Literasi/Literacy” dan TIK.

Di Sekolah Dasar hal yang paling sering di ajarkan Guru adalah tentang Membaca, Menulis, dan Berhitung. Saya Percaya bahwa tanpa disadari kita sudah sering melakukan literasi itu sendiri

Pada awalnya pengertian literasi yaitu merupakan sebuah kemampuan seseorang untuk dapat membaca, menulis serta memahaminya. Tapi zaman semakin berkembang dan arti dari literasi pun ikut mengalami perkembangan.

Sekarang, Lierasi tidak hanya terbatas tentang memahami bacaan dan tulisan, tapi lebih dari itu, seperti yang disebutkan oleh EDC (Education Depelopment Center) yang mengartikan literasi itu sebagai kemampuan yang melebihi baca tulis. Literasi adalah kemampuan seseorang untuk melakukan segenap potensi dan kemampuan atau skill yang dimiliki hidupnya dengan pemahaman bahwa literasi mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

Sedangkan pengertian TIK sendiri yaitu segala hal yang mencakup sejarah dan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Jadi Literasi TIK dapat diartikan sebagai kemampuan seseorang untuk dapat memahami segala hal yang berkaitan dengan Teknologi Informasi dan Komunikasi, seperti kemahiran menggunakan teknologi, kemampuan mengolah informasi, dan kemampuan melakukan komunikasi yang baik.